Bagaimana cara membatasi akses pengguna ke folder atau drive di Windows 11?

Apakah Anda memiliki folder atau drive yang tidak ingin diakses oleh akun pengguna tertentu? Di Windows 11, Anda dapat menggunakan properti keamanan folder untuk mengonfigurasi izin pengguna untuk folder guna membatasi akses pengguna ke folder. Panduan ini akan menunjukkan kepada Anda cara membatasi akses pengguna ke folder atau seluruh drive di Windows 11.

Batasi akses pengguna ke folder / drive di Windows 11

Dengan mengonfigurasi properti keamanan folder atau drive, Anda dapat membatasi akses ke folder atau drive ke akun pengguna tertentu atau grup akun pengguna. Misalnya, Anda dapat mengizinkan atau menolak izin untuk membaca, menulis, mengubah, atau melihat konten folder untuk akun pengguna tertentu atau grup akun pengguna (misalnya, tamu). Untuk membatasi akses pengguna ke folder atau drive di Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut.

Pertama, klik kanan pada folder atau drive yang ingin Anda batasi aksesnya dan pilih Perumahan.

Klik kanan pada Windows 11 Properties

Di jendela properti folder, klik Keamanan mengikat. Di bagian “Grup atau nama pengguna”, klik Sunting tombol.

Edit izin folder atau drive Windows 11

tip: Jika Anda tidak dapat mengedit izin folder atau drive bahkan menggunakan akun administrator, akun pengguna Anda mungkin tidak memiliki folder atau drive tersebut. Baca: Cara Mengambil Kepemilikan File, Folder, atau Drive di Windows 11.

Di jendela “Izin untuk folder / drive lokal ini”, klik Menambahkan.

Tambahkan pengguna atau grup di hak keamanan Windows 11

DI DALAM “Masukkan nama objek yang akan dipilih“Field, masukkan akun pengguna atau nama grup yang ingin Anda batasi aksesnya.

Jika Anda hanya ingin membatasi akun pengguna tertentu, masukkan nama pengguna akun pengguna. Untuk akun Microsoft, masukkan alamat email akun pengguna Microsoft Anda, misalnya, [email protected]

Masukkan nama objek untuk memilih Windows 11

Untuk membatasi sekelompok akun pengguna, misalnya, jika Anda ingin membatasi semua akun pengguna tamu, masukkan tamu. Jika Anda ingin membatasi semua orang, ketik Semua. Untuk daftar nama grup/objek yang dapat Anda gunakan, klik contoh di jendela “Pilih pengguna atau grup”. Tautan akan membuka halaman dokumentasi Microsoft, yang akan menampilkan daftar nama objek yang dapat Anda gunakan.

Jika nama pengguna atau nama grup yang dimasukkan salah atau tidak ada, Anda akan menerima “Nama tidak ditemukan“Kesalahan. Periksa ejaan nama pengguna dan coba lagi.

Nama tidak ditemukan nama objek Windows 11

Setelah menambahkan akun pengguna atau nama grup yang ingin Anda batasi aksesnya, kembali ke jendela izin, pilih akun pengguna yang ditambahkan, lalu konfigurasikan izin untuk akun pengguna dengan mencentang kotak di bawah Untuk menyangkalnya batasi atau Membiarkan mengizinkan izin apa pun.

Bagaimana cara membatasi akses pengguna ke folder atau drive di Windows 11?

Untuk apa setiap izin?

  • Kontrol penuh: Memungkinkan pengguna untuk membaca, menulis, mengubah, dan menghapus file dan subfolder dalam sebuah folder. Selain itu, ini juga memungkinkan pengguna untuk mengubah pengaturan izin untuk file dan subfolder.
  • Memodifikasi: Memungkinkan Anda membaca, menulis, dan menghapus file dan subfolder.
  • Baca dan lakukan: Memungkinkan Anda menelusuri dan melihat file dan subfolder, serta menjalankan file.
  • Daftar isi folder: Memungkinkan Anda untuk menelusuri dan melihat file dan subfolder dalam folder, dan menjalankan file; hanya diwarisi oleh folder.
  • Untuk membaca: Memungkinkan pengguna untuk menelusuri dan melihat file dan subfolder.
  • Menulis: Memungkinkan pengguna untuk menambahkan file atau subfolder ke folder, dan juga memungkinkan pengguna untuk menyimpan ke file dalam folder.

Jika Anda ingin membatasi akses pengguna atau grup ke semua izin, centang Untuk menyangkalnya centang kotak untuk semua izin. Pengguna yang Dibatasi tidak akan dapat lagi melihat, membaca, mengubah, atau menghapus folder atau file dan subfoldernya, atau mengubah izin folder tersebut.

Ketika Anda selesai mengonfigurasi pengaturan izin, klik baik untuk menyimpan perubahan Anda. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi bahwa Anda telah menyetel izin Tolak untuk akun pengguna Anda. Klik disini Ya untuk melanjutkan.

Batasi akses untuk pengguna Windows 11

Peringatan itu pada dasarnya berarti bahwa jika akun pengguna ditolak izinnya, jika pengguna juga merupakan anggota grup, seperti grup “Semua Orang”, yang memiliki izin yang sama, Windows akan memprioritaskan penolakan izin untuk akun pengguna.

Kesalahan apa yang akan dilihat pengguna jika dia tidak memiliki izin?

Jika semua izin pada folder atau drive ditolak untuk akun pengguna, folder atau drive akan tetap terlihat oleh pengguna, tetapi akan menampilkan kesalahan “Akses Ditolak” saat pengguna mencoba membukanya.

Drive tidak tersedia Akses ditolak

Jika Anda juga ingin menyembunyikan folder ini agar tidak terlihat oleh siapa pun, Anda dapat melakukannya dengan mengklik kanan folder> Perumahan > nyalakan Tersembunyi pilihan. Untuk mengetahui cara menyembunyikan seluruh drive Anda, baca Cara menyembunyikan drive di Windows 11.

Deskripsi berbagi: Panduan untuk Membatasi Akses Pengguna Tertentu atau Grup Akun Pengguna ke Folder atau Seluruh Drive di Windows 11.