Bagaimana cara membagi file menjadi beberapa file di Windows 11?

Beberapa file terlalu besar sehingga seringkali sulit untuk mencoba mentransfernya karena keterbatasan transfer di beberapa aplikasi, setengah terputus selama transfer dll. Di Windows 11 file dapat dipecah menjadi banyak bagian menggunakan pengarsipan file / perangkat lunak kompresi yang mendukung multi-kompresi bagian. Panduan ini akan menunjukkan kepada Anda cara membagi file menjadi beberapa file di Windows 11 menggunakan pengarsipan file WinRAR atau 7-Zip.

Sebagian besar perangkat lunak kompresi memungkinkan Anda untuk membagi volume saat mengompresi. Kami merekomendasikan WinRAR dan 7-Zip karena keduanya adalah program pengarsipan file paling populer untuk Windows. Jika Anda menggunakan perangkat lunak kompresi file lain, Anda dapat mencari opsi kompresi multi-bagian Anda sendiri, biasanya disebut “membagi menjadi volume“Atau serupa ketika” menambahkan ke arsip “.

Pisahkan file menjadi beberapa file di Windows 11

Jika Anda memiliki satu file raksasa yang ingin Anda bagi menjadi beberapa file/bagian yang lebih kecil, Anda dapat membagi file tersebut menjadi beberapa volume menggunakan metode kompresi. Secara keseluruhan, Anda akan mengompres file dengan utilitas kompresi yang memungkinkan Anda membagi file menjadi beberapa volume selama proses pengarsipan. Kemudian Anda dapat memindahkan bagian yang diarsipkan ke mana pun Anda inginkan dan membongkar/membongkarnya di tujuan akhir sehingga menjadi satu file lagi.

Membagi file menjadi beberapa bagian menggunakan WinRAR

WinRAR adalah salah satu alat pengarsipan file paling populer untuk banyak sistem operasi. WinRAR untuk Windows dapat diunduh dari: https://www.win-rar.com/download.html. Setelah mengunduh, instal.

Untuk mengarsipkan file menggunakan WinRAR, klik kanan file tersebut, pilih Tampilkan lebih banyak opsi > Tambahkan ke Arsip (dengan ikon WinRAR).

Tambahkan ke arsip WinRAR

Untuk membagi file menjadi beberapa bagian, di bawah “Bagi menjadi volume, ukuran”, Pilih (dari menu tarik-turun) atau masukkan secara manual ukuran volume yang ingin Anda pisahkan filenya. Misalnya, jika Anda memilih atau mengetik 700 MB, file akan dibagi menjadi beberapa file masing-masing 700 MB setelah pengarsipan.

Pisahkan file menjadi beberapa bagian menggunakan WinRAR

Dibawah Format arsipAnda dapat memilih antara RAR atau ritsleting. Kami merekomendasikan memilih ZIP karena RAR hanya dapat dibaca dan diekstraksi oleh WinRAR. Jika komputer lain tempat Anda ingin mentransfer file yang diarsipkan tidak memiliki WinRAR, Anda tidak dapat mengekstrak file jika bagian-bagiannya dalam format RAR. Sedangkan untuk format ZIP, Windows sendiri akan bisa meng-unpack-nya tanpa harus menginstal WinRAR atau file archiver lainnya.

Bagaimana cara membagi file menjadi beberapa file di Windows 11?

Ketika file dipecah menjadi beberapa bagian dengan pengarsipan, mereka dianggap file terkompresi. File yang terdapat dalam bagian arsip tidak dapat digunakan dalam formulir ini. Perlu di unpack/unpack agar bisa dibaca lagi oleh Windows.

Untuk mengekstrak file terkompresi, jika file dalam format .zip, klik kanan file .zip dan pilih Buka kemasan semuanya (di Windows 11) untuk memungkinkan Windows mengekstrak file.

Ekstrak beberapa file Windows 11 yang diarsipkan

Untuk mengekstrak file .rar, klik kanan salah satu bagian .rar dan pilih Tampilkan lebih banyak opsi > Buka paket file (Komputer Anda harus menginstal WinRAR untuk membaca dan mengekstrak file RAR).

derajat: Semua bagian yang diarsipkan harus berada di direktori yang sama agar file berhasil diekstraksi. Jika tidak, membongkar akan mengakibatkan kesalahan karena bagian arsip yang tidak lengkap.

Kelas 2: Kompresi file tidak terbatas pada satu file saja. Anda dapat mengarsipkan folder, beberapa file, atau beberapa file dan folder dengan menyorotnya dan mengklik kanan saat disorot, lalu memilih Tampilkan lebih banyak opsi > Tambahkan ke Arsip.

Pisahkan file dengan 7-Zip

7-Zip juga merupakan salah satu alat kompresi file paling populer yang digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia karena kesederhanaannya. Anda dapat mengunduh 7-Zip dari situs: https://www.7-zip.org/download.html. Setelah mengunduh, instal 7-Zip di komputer Anda.

Untuk mengarsipkan file, klik kanan file, pilih Tampilkan lebih banyak opsi > 7-zip > Tambahkan ke Arsip.

7-Zip tambahkan ke arsip

Untuk membagi file menjadi beberapa file, di “Dibagi menjadi volume, byte”, Pilih dari menu tarik-turun atau masukkan secara manual ukuran volume yang ingin Anda pisahkan filenya. Misalnya, untuk membagi file menjadi beberapa bagian masing-masing 500 MB, masukkan 500M.

Pisahkan file menjadi beberapa file menggunakan 7-Zip

Dibawah Format arsip, 7z dipilih secara default. Kami merekomendasikan memilih format ZIP sehingga dapat dibaca dan dibongkar dengan perangkat lunak kompresi lainnya. File 7z hanya dapat dibaca dan dibongkar dengan pengarsipan file 7-Zip. Jika Anda dapat menginstal 7-Zip di komputer lain tempat Anda ingin mentransfer file, 7z adalah format kompresi yang lebih baik.

membagi file menjadi beberapa file Windows 11

Kelemahan menggunakan 7-Zip (dibandingkan dengan WinRAR) adalah bahwa file yang diarsipkan dan dibagi dengan 7-Zip memerlukan setidaknya alat kompresi untuk membongkarnya. Windows tidak dapat mengekstrak file split dengan 7-Zip, meskipun dalam format ZIP.

Untuk mengekstrak file terkompresi, klik kanan salah satu bagian yang diarsipkan dan pilih Tampilkan lebih banyak opsi > 7-zip > Buka paket file.

derajat bahwa semua bagian yang dikompresi harus berada dalam folder yang sama saat mengekstraknya. Jika satu atau lebih bagian hilang, ekstraksi akan gagal karena bagian yang tidak lengkap.

Deskripsi berbagi: Panduan ini menunjukkan kepada Anda cara membagi file besar menjadi beberapa file yang lebih kecil di Windows 11 menggunakan metode kompresi file multipart WinRAR atau 7-Zip.