Bagaimana cara memainkan game PC dengan pengontrol PS5, PS4 atau Xbox di Windows 11?

Pengontrol nirkabel modern seperti pengontrol PS5, PS4 atau Xbox dapat dihubungkan ke komputer melalui kabel Bluetooth atau USB. Namun, untuk menggunakan pengontrol untuk memainkan game komputer, Anda memerlukan perangkat lunak yang dapat menerjemahkan input pengontrol sehingga game komputer dapat memahaminya. Panduan ini akan menunjukkan kepada Anda cara menghubungkan pengontrol PS5 (DualSense), PS4 (DualShock4) atau Xbox ke PC Windows 11 Anda dan cara mengonfigurasinya di klien Steam untuk dapat memainkan game Steam atau non-Steam dengan pengontrol aktif Windows 11

Meskipun ada beberapa perangkat lunak serupa lainnya, seperti DS4Windows, yang dapat mengemulasi pengontrol Xbox 360 menggunakan pengontrol PS4 atau PS5 di Windows, kami merekomendasikan klien Steam karena dukungan pengontrol Steam relatif lebih ramah pengguna dan lebih mudah dikonfigurasi.

Mainkan game PC dengan pengontrol PS5, PS4, atau Xbox di Windows 11 melalui Steam

1. Pasangkan pengontrol dengan komputer

Jika Anda ingin menghubungkan pengontrol secara nirkabel ke komputer Anda, Anda dapat melakukannya dengan memasangkannya melalui Bluetooth. Untuk memasangkan perangkat dengan komputer, komputer harus memiliki penerima/adaptor Bluetooth. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memasangkan pengontrol Anda dengan Windows 11 melalui Pengaturan.

  1. Di Windows, buka Pengaturan mendesak Menang + dan Kunci.
  2. memilih Bluetooth dan perangkat > Perangkat.
  3. Pastikan Bluetooth diaktifkan Pada. Jika Anda tidak melihat sakelar Bluetooth, komputer Anda mungkin tidak memiliki adaptor Bluetooth.Nyalakan Bluetooth Windows 11
  4. Pada pengontrol PS4 atau PS5, tekan dan tahan kedua tombol Partisipasi berbeda PlayStation tombol sampai lampu berkedip untuk masuk ke mode berpasangan. Untuk pengontrol Xbox, tekan dan tahan Memandu berbeda Memasangkan sampai tombol panduan berkedip.
  5. Kembali ke komputer aktif Pengaturan> Bluetooth dan perangkat> Perangkat, Klik Tambahkan perangkat dan pilih Bluetooth. Memilih “Pengontrol nirkabel“Untuk memasangkannya.Memasangkan pengontrol nirkabel Windows 11 secara manual
  6. Tunggu hingga pairing selesai.

2. Instal klien Steam

Jika Anda belum menginstal Steam, buka https://store.steampowered.com/about/ untuk mengunduh Uap. Setelah diunduh, instal di komputer Anda.

Setelah terinstal, buka Steam dan masuk ke akun pengguna Steam Anda. Jika Anda belum memiliki akun Steam, klik Buat akun baru di jendela masuk Steam untuk melanjutkan membuat akun Steam baru Anda.

3. Aktifkan dukungan untuk konfigurasi PlayStation atau Xbox di Steam

Sebelum Steam dapat mulai menggunakan pengontrol Anda, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan dukungan konfigurasi pengontrol di Pengaturan Pengontrol Uap Anda.

Di klien Steam, klik Uap di sudut kiri atas jendela, lalu pilih Pengaturan.

Pengaturan Uap

Di jendela Pengaturan, pilih Pengontrol dari panel kiri, lalu klik Pengaturan pengontrol umum.

Pengaturan Pengontrol Uap Umum

Kemudian pilih kotak centang untuk Dukungan konfigurasi PlayStation jika Anda memiliki pengontrol PS5 atau PS4, atau Dukungan konfigurasi Xbox jika Anda memiliki pengontrol Xbox One atau Xbox 360.

Dukungan untuk mengonfigurasi pengontrol PlayStation Steam

Klik disini Kembali untuk menyimpan perubahan dan kembali ke pengaturan Steam.

Untuk game Steam: Mulai saja gamenya

Untuk game Steam yang mendukung pengontrol (seperti Fall Guys, FIFA, dll.), cukup luncurkan game dari perpustakaan Steam Anda.

Setelah memulai permainan, tekan tombol apa saja pada pengontrol dan permainan akan mulai mengenali input pengontrol Anda dan memungkinkan Anda untuk terus bermain menggunakan pengontrol.

Bagaimana cara memainkan game non-Steam dengan pengontrol di Windows 11?

Untuk game non-Steam, yaitu game atau aplikasi yang diinstal di luar Steam, Anda dapat: tambahkan game ke Steamdan kemudian mulai permainan dengan Mode Gambar Besar di Steam sehingga Steam dapat membantu menerjemahkan input pengontrol Anda ke game di luar Steam. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Di klien Steam, klik Perpustakaan. Di sudut kiri bawah jendela, klik Tambahkan permainan.

Tambahkan game non-Steam ke Steam

Di jendela “Tambahkan game”, pilih game yang ingin Anda tambahkan dari daftar game atau aplikasi yang terdeteksi. Jika game yang ingin Anda tambahkan tidak terdaftar, klik Jelajahi dan arahkan ke executable utama (.exe) dari game. Lalu klik Tambahkan program yang dipilih untuk menambahkannya ke perpustakaan game Anda.

Tambahkan game atau aplikasi non-Steam ke perpustakaan

Setelah menambahkan game di luar Steam ke perpustakaan Steam Anda, mulai Steam Mode Gambar Besar dengan mengklik tombol Big Picture Mode di sudut kanan atas jendela klien Steam.

Buka Mode Gambar Besar di Steam

Mode Gambar Besar Steam adalah untuk pengguna yang ingin menggunakan pengontrol game di TV mereka. Dalam Mode Gambar Besar, Anda dapat menavigasi klien Steam dan membuka game apa pun di perpustakaan Anda hanya menggunakan pengontrol PS5, PS4 atau Xbox.

Untuk membuka game yang ditambahkan sebelumnya dari luar Steam, dalam mode Gambar Besar, pilih Perpustakaan.

Mode Gambar Besar di Steam

Di Perpustakaan, pilih Terpasang. Game atau aplikasi non-Steam yang baru saja ditambahkan seharusnya ada di sini. Pilih game untuk membukanya. Anda sekarang dapat memainkan game dengan pengontrol.

Mainkan game PC dengan pengontrol PS5, PS4 atau Xbox di Windows 11

Game non-Steam apa pun dengan dukungan pengontrol yang dibuka dalam Mode Gambar Besar akan memungkinkan Steam menerjemahkan input pengontrol Anda ke dalam game, memungkinkan Anda bermain dengan pengontrol Anda.

Jika Anda tidak dapat menemukan game yang ingin Anda buka dalam daftar karena Anda memiliki terlalu banyak game, pilih Cari perpustakaan sebagai gantinya, cari game secara manual. Saat Anda menjalankannya untuk pertama kali, game atau aplikasi akan ditampilkan di Terakhir di dalam perpustakaan.

Pengontrol PS5 atau PS4 menampilkan tata letak tombol Xbox di game PC

Tidak semua game dapat secara efektif mengenali pengontrol Anda sebagai pengontrol PS5 atau PS4. Sebagai gantinya, mereka akan menampilkan tata letak tombol Xbox jika seharusnya mengandalkan emulasi Steam untuk memberi tahu game bahwa Anda menggunakan pengontrol Xbox.

Pengontrol PS5 atau PS4 menampilkan tombol Xbox di game PC

Dalam kebanyakan kasus, jika Anda menghubungkan pengontrol DualSense atau DualShock4 ke komputer Anda melalui Bluetooth, sebagian besar game harus bergantung pada emulasi Steam, yang pada gilirannya menyebabkan game menampilkan tombol Xbox alih-alih tombol PlayStation. Bahkan jika Anda menggunakan emulator pengontrol lain seperti DS4Windows, Anda akan melihat masalah yang sama.

Anda masih dapat memainkan game dengan pengontrol PlayStation, tetapi Anda hanya perlu membiasakan diri dengan tata letak tombol Xbox. Berikut adalah daftar tombol PlayStation dengan rekan-rekan Xbox mereka:

  • Salib = A
  • Lingkaran = B
  • Segitiga = Y
  • Persegi = X
  • R1 = RT
  • R2 = RB
  • L1 = LT
  • L2 = LB

Namun, jika Anda menghubungkan pengontrol PS5 atau PS4 ke komputer dengan kabel USB, biasanya Anda akan mendapatkan perintah tombol PlayStation yang benar untuk sebagian besar game.

Deskripsi berbagi: Tutorial mengatur dan memainkan game PC dengan pengontrol PS5 (DualSense), PS4 (DualShock4) atau Xbox di Windows 11 menggunakan Steam.